Friday, July 5, 2013

RPP IPA SD Kelas V

                                          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                           (RPP)

Nama Sekolah        : SDN Kotagede 3
Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester       : V (Lima) / II
Tema                           : Bumi dan Alam Semesta
Alokasi waktu           : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan)
Tahun Pelajaran      : 2012/2013

STANDAR KOMPETENSI 
1.    Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.

KOMPETENSI DASAR 
1.1. Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan.

Indikator Pembelajaran
  • Menyebutkan beberapa peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
  • Menjelaskan dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan.
  • Menganalisis cara mencegah peristiwa alam yang disebabkan oleh manusia.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
  • Menyebutkan beberapa peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
  • Menjelaskan dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan.
  • Menganalisis cara mencegah peristiwa alam yang disebabkan oleh manusia.

Karakter Siswa Yang Diharapkan:
  •  Religius
  • Empati
  • Hati-Hati
  • Peduli Sosial
  • Tanggung Jawab 
  • Peduli Lingkungan
  • Objektif

Materi Pembelajaran
  • Peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
  • Dampak peristiwa alam terhadap makhluk hidup dan lingkungan.
  • Cara mencegah bencana alam.

Metode dan Model Pembelajaran
1.    Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Ilustrasi
  • Tanya jawab dan diskusi
  • Demonstrasi
  • Penugasan

2.    Model Pembelajaran
  • Model pembelajaran screamble

Media dan Sumber Belajar
1.    Sumber Belajar
  • Lingkungan sekitar
  • Buku BSE IPA
  • Internet.

2.    Media Pembelajaran
  • Media gambar
  • Video
  • Power point 
  • Macro media 8

Kegiatan Pembelajaran 
1.    Kegiatan Pendahuluan 
  • Guru memasuki ruangan kelas.
  • Guru mengawali proses belajar mengajar dengan berdo’a terlebih dahulu.
  • Guru memeriksa kehadiran siswa.
  • Guru melakukan pengkondisian kelas dengan memeriksa apakah kelas berada dalam keadaan bersih atau tidak.
2.    Kegiatan Inti
  • Guru menyampaikan materi dengan menggunakan media pembelajaran berbentuk (ppt or flash 8) mengenai informasi aktual tentang peristiwa alam di Indonesia.
  • Guru menjelaskan kepada siswa cara menggunakan media pembelajaran tersebut.
  • Guru bersama siswa mempelajari materi tentang peristiwa alam di Indonesia  dengan media pembelajaran tersebut.
  • Guru menunjukan beberapa gambar dan video mengenai peristiwa alam di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan. 
  • Setelah materi disampaikan, guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan tentang peristiwa alam di indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan. 
  • Guru membantu siswa bagaimana cara menjawab pertanyaan melalui media pembelajaran tersebut.
  • Siswa bisa langsung melihat score mereka diakhir pertanyaan dari soal yang telah mereka jawab.

3.    Kegiatan Penutup
  • Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar.
  • Guru memberikan feedback mengenai materi yang telah disampaikan.
  • Guru meminta siswa untuk mempelajari kembali dirumah.
  • Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah.

Penilaian Hasil Belajar  
a)    Teknik Penilaian    : Test tertulis
b)    Bentuk                 : Multiple choice




               Megetahui                                                                    Yogyakarta, 5 Juli 2013
               Kepala SDN Kotagede 3                                             Guru Kelas V

No comments:

Post a Comment

Post a Comment