Wednesday, July 3, 2013

Rancangan & Analisis Media Pembelajaran

Rancangan & Analisis Media Pembelajaran Kelompok 2:
Yuliana      10004442
Erfeni        10004438
Anggi M    10004473

SD NEGERI KOTAGEDE III
Mata Pelajaran     : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas                   : V (lima)
Judul                    : ‘Peristiwa   Alam di Indonesia’
Materi             : Mengenalkan Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia &  Dampaknya Bagi Makhluk Hidup & Lingkungan.
Jenis                    : video & gambar mengenai peristiwa alam di Indonesia.

Kelebihan dari Media Pembelajaran :
1. Siswa bisa mengetahui bagaimana terjadinya berbagai bencana alam di Indonesia.
2. Siswa bisa membedakan jenis-jenis peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui gambar-gambar yang ada.
3. Siswa dapat memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
4. Siswa mengetahui dampak dari peristiwa alam yang terjadi bagi makhluk hidup dan lingkungan sekitar.
5. Siswa mengetahui penyebab terjadinya berbagai peristiwa alam di Indonesia.

Kekurangan dari Media Pembelajaran :
1. Fasilitas pembelajaran yang kurang mendukung.
2. Kurangnya kemampuan guru dalam mengaplikasikan media pembelajaran yang berbasis TI.
3. Kurangnya interaksi antar siswa yang satu dan lainnya dalam kelas karena mereka terlalu focus dengan media pembelajaran.
4. Ketergantungan guru terhadap media pembelajaran, sehingga guru akan mengalami kesulitan ketika media pembelajaran itu tidak bisa digunakan.
5. Kesulitan guru dalam memilih media pembelajaran yang sesuai bagi kebutuhan siswanya.

Media Pembelajaran ini sesuai untuk kondisi siswa :
1.    Tersedianya lab bahasa  di SD NEGERI KOTAGEDE III bagi siswa.
2.    Siswa jarang menggunakan media pembelajaran berbasis computer.

ASSURE Model Analysis
            ASSURE model itu sendiri adalah salah satu petunjuk dan perencanaan yang bisa membantu untuk bagaimana cara merencanakan, mengidentifikasi, menetukan tujuan, memilih metode dan bahan serta evaluasi. Pembelajaran dengan menggunakan ASSURE Model  mempunyai beberapa tahapan yang dapat membantu terwujudnya pembelajaran yang efektif dan bermakan bagi peserta didik. 
     Adapun tahapannya sbb:
1. Analysis learners (analisis pembelajaran)
      Tujuan dari analisis pembelajaran adalah untuk menganalisa kebutuhan belajar siswa yang urgen sehingga mereka mampu mendapatkan tingkatan pengetahuan dalam pembelajaran secara maksimal. Analisis pembelajar meliputi tiga faktor kunci dari diri pembelajar yang meliputi:
a)    General Characteristics (Karakteristik Umum)
b)    Specific Entry Competencies ( Mendiagnosis kemampuan awal pembelajar)
c)    Learning Style (Gaya Belajar)
- Gaya belajar visual (melihat)
- Gaya belajar visual (melihat)
- Gaya belajar kinestetik (melakukan)

2.    State Objectives
     Tahap selanjutnya dalam ASSURE model adalah merumuskan tujuan dan standar. Dalam merumuskan tujuan dan standar pembelajaran perlu memperhatikan dasar dari strategi, media dan pemilihan media yang tepat.
     a)    Pentingnya Merumuskan Tujuan dan Standar dalam Pembelajaran
     b)    Tujuan Pembelajaran yang Berbasis ABCD
Rumusan baku ABCD tadi dijabarkan sebagai berikut:
A = audience
B = behavior
C = conditions
D = degree
Ada empat kategori pembelajaran.
1. Domain Kognitif
2. Domain Afektif
3. Motor Domain Skill
4. Domain Interpersonal

      c) Tujuan Pembelajaran dan Perbedaan Individu

3.    Select, modify, design Methods, Media, & Materials
      Langkah selanjutnya dalam membuat pembelajaran yang efektif adalah mendukung pemblajaran dengan menggunakan teknologi dan media dalam sistematika pemilihan strategi, teknologi dan media dan bahan ajar.
      a)    Memilih Strategi Pembelajaran
      b)    Memilih Teknologi dan Media yang sesuai dengan Bahan Ajar

4.    Utilize Methods, Media, & Materials
     Sebelum memanfaatkan media dan bahan yang ada, sebaiknya  mengikuti langkah-langkah seperti dibawah ini,yaitu:
     a)    Mengecek bahan (masih layak pakai atau tidak)
     b)    Mempersiapkan bahan
     c)    Mempersiapkan lingkungan belajar
     d)    Mempersiapkan pembelajar
     e)    Menyediakan pengalaman belajar (terpusat pada pengajar atau pembelajar)

5.    Require Learner Participation
      Tujuan utama dari pembelajaran adalah adanya partisipasi siswa terhadap materi  dan media yang kita tampilkan.
    1.  Latihan Prnggunaan Teknologi
    2.  Umpan Balik

6.    Evaluate and Revise
    Penilaian dan perbaikan adalah aspek yang sangat mendasar untuk mengembangkan kualitas pembelajaran. Penilaian dan perbaikan dapat berdasarkan tiga tahapan yaitu:
1) Penilaian Hasil Belajar Siswa,
    - Penilaian Hasil Belajar Siswa yang Otentik,
    - Penilaian Hasil Belajar Portofolio
    - Penilaian Hasil Belajar yang Tradisional / Elektronik.
2) Menilai dan Memperbaiki Strategi, teknologi dan Media
3) Revisi Strategi, Teknologi, dan Media.

Thanks you (^_^)

No comments:

Post a Comment