Friday, July 5, 2013

Laporan Observasi Media Pembelajaran

                                               Laporan Observasi Media Pembelajaran
Isi Laporan    : Hasil Observasi di SDN Kotagede 3, Kelas V, Mata Pelajaran IPA dalam Penggunaan Media Pembelajaran.

Judul Topik    : Penggunaan Media Pembelajaran

A.    Latar Belakang Media Pembelajaran
          Suatu media pembelajaran sangat penting dalam proses belajar mengajar. Itu digunakan oleh guru sebagai media untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Sehingga dalam proses pembelajara sebuah media pembelajaran sangat diperlukan, guna memperlancar proses pembelajaran.
      Pentingnya sebuah media pembelajaran adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, selain itu juga sebagai alat guna mencapai tujuan dari pembelajaran. Oleh karena itu berdasarkan hasil observasi di SDN 3 Kotagede, guru beranggapan bahwa media pembelajaran sangat berperan penting dalam kelancaran proses belajar mengajar.
          Seperti materi bangun ruang dikelas V SDN 3 Kotagede Negeri. Guru menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran, seperti kubus, persegi, segitiga, dll yang dibuat sendiri dari karton atau kayu. Guru menggunakan media yang dapat memperjelas penyampaian materi dan siswa dapat memahami materi yang diberikan guru.

B.    Alasan Penggunaan Media Pembelajaran
       
       Alasan menggunakan media pembelajaran berupa power point dan/atau macro media pada mata kuliah IPA dikelas V SDN 3 Kotagede.

Ditinjau dari segi Peserta didik: 
  1. Siswa bisa mengetahui bagaimana terjadinya peristiwa bencana alam yang ada di Indonesia dengan melihat gambar maupun video mengenai peristiwa tersebut. 
  2. Siswa kemudian bisa membedakan jenis-jenis peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui gambar-gambar yang ada. 
  3. Siswa juga dapat memahami bagaimana perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.  
  4. Membantu siswa untuk mengetahui dampak dari peristiwa alam yang terjadi bagi makhluk hidup dan lingkungan.  
  5. Siswa juga mengetahui dengan jelas penyebab dari peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
  6.  Sekaligus mengajarkan dan memperkenalkan kepada siswa bagaimana penggunaan media pembelajaran yang dipakai.
Ditinjau dari segi Guru:
  1. Mempermudah guru dalam menyampaikan materi terkati Peristiwa Alam yang ada di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan. 
  2. Memotivasi guru untuk lebih berfikir kreatif disetiap pembelajaran. 
  3. Menambah minat belajar dan rasa ingin tahu siswa. 
  4. Mengajarkan teknologi kepada siswa agar mereka mengetahui bagaimana cara penggunaannya.
  5. Merubah pola fikir siswa bahwa proses pembelajaran itu menyenangkan dengan penggunaan media ajar yang beraneka ragam.
  6. Menjadi salah satu cara guru untuk berinteraksi dengan siswa, ataupun antar sesama siswa.
C.    Analisis Kriteria Pemilihan Media 
       Termasuk dalam kriteria pemilihan media
Demonstration :
         Dalam hal ini media pembelajaran power point dan/atau macro media digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah materi pembelajaran mengenai mata pelajaran IPA tentang ‘Peristiwa Alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan’.
        Dalam menyampaikan materi, guru memperkenalkan media yang akan digunakan, dan terlebih dahulu menjelaskan petunjuk cara penggunaan media tersebut kepada peserta didik. Guru menjelaskan menu apa saja yang terdapat dalam materi tersebut, berupa materi, soal latihan dan video. Guru bersama siswa membahas materi bersama dengan acuan kepada media pembelajaran tersebut. Terdapat latihan soal untuk siswa, diakhir materi, untuk mengukur sejauhmana siswa memahami isi materi yang telah disampaikan sebelumnya di media pembelajaran.
      Kemudian siswa diberikan waktu untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individual. Hasil daripada latihan soal tersebut akan bisa langsung dilihat oleh siswa setelah mereka selesai menjawab semua pertanyaan yang ada. 

D.    Prosedur Pemilihan Media Pembelajaran
       
         Berdasarkan hasil observasi di SDN 3 Kotagede dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang akan digunakan termasuk prosedur ASSURE karena: 
  1. Sebelum guru menggunakan media pembelajaran, terlebih dahulu guru melakukan analisis terhadap karakteristik siswa. 
  2. Guru menentukan materi pembelajaran yaitu dimana siswa diharapkan mampu menguasai materi tentang ‘Peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan’.
  3. Guru membuat media pembelajarn berupa media berbentuk power point dan/atau macro media flash 8 sebagai sarana untuk menyampaikan materi kepada siswa.  
  4. Media pembelajarn ini digunakan pada proses pembelajaran.  
  5. Setelah guru menggunakan media pembelajaran ini, siswa diminta untuk memberikan respon positive mereka dengan aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar.  
  6. Guru memberikan evaluasi dari kegunaan media pembelajaran ini, dan apa ada yang harus dibenahi atau tidak.  
  7. Kemudian guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan, ini untuk mengetahui penguasaan materi siswa. Jika siswa dapat mengerjakan soal tersebut dengan benar, ini membuktikan bahwa media pemebelajara tersebut efektif dan efisien untuk proses pembelajaran.

No comments:

Post a Comment