Wednesday, July 3, 2013

Hasil Analisis ASSURE MODEL

Hasil Analisis ASSURE MODEL di SD NEGERI KOTAGEDE III
ASSURE Model Analysis
     ASSURE model itu sendiri adalah salah satu petunjuk dan perencanaan yang bisa membantu untuk bagaimana cara merencanakan, mengidentifikasi, menetukan tujuan, memilih metode dan bahan serta evaluasi. Pembelajaran dengan menggunakan ASSURE Model  mempunyai beberapa tahapan yang dapat membantu terwujudnya pembelajaran yang efektif dan bermakan bagi peserta didik. Adapun tahapannya sbb:

1. Analysis learners (analisis pembelajaran)
    Tujuan dari analisis pembelajaran adalah untuk menganalisa kebutuhan belajar siswa yang urgen sehingga mereka mampu mendapatkan tingkatan pengetahuan dalam pembelajaran secara maksimal. Analisis pembelajar meliputi tiga faktor kunci dari diri pembelajar yang meliputi:
a)General Characteristics (Karakteristik Umum)
b)Specific Entry Competencies ( Mendiagnosis kemampuan awal pembelajar)
c)Learning Style (Gaya Belajar)
- Gaya belajar visual (melihat)
- Gaya belajar visual (melihat)
- Gaya belajar kinestetik (melakukan)

2.State Objectives
    Tahap selanjutnya dalam ASSURE model adalah merumuskan tujuan dan standar. Dalam merumuskan tujuan dan standar pembelajaran perlu memperhatikan dasar dari strategi, media dan pemilihan media yang tepat.
a) Pentingnya Merumuskan Tujuan dan Standar dalam Pembelajaran
b) Tujuan Pembelajaran yang Berbasis ABCD
Rumusan baku ABCD tadi dijabarkan sebagai berikut:
A = audience
B = behavior
C = conditions
D = degree
Ada empat kategori pembelajaran.
1.Domain Kognitif
2.Domain Afektif
3.Motor Domain Skill
4.Domain Interpersonal

c)Tujuan Pembelajaran dan Perbedaan Individu

3.Select, modify, design Methods, Media, & Materials
      Langkah selanjutnya dalam membuat pembelajaran yang efektif adalah mendukung pemblajaran dengan menggunakan teknologi dan media dalam sistematika pemilihan strategi, teknologi dan media dan bahan ajar.
a)Memilih Strategi Pembelajaran
b)Memilih Teknologi dan Media yang sesuai dengan Bahan Ajar

4.Utilize Methods, Media, & Materials

     Sebelum memanfaatkan media dan bahan yang ada, sebaiknya  mengikuti langkah-langkah seperti dibawah ini,yaitu:
a)Mengecek bahan (masih layak pakai atau tidak)
b)Mempersiapkan bahan
c)Mempersiapkan lingkungan belajar
d)Mempersiapkan pembelajar
e)Menyediakan pengalaman belajar (terpusat pada pengajar atau pembelajar)

5.Require Learner Participation

     Tujuan utama dari pembelajaran adalah adanya partisipasi siswa terhadap materi  dan media yang kita tampilkan.
1.Latihan Prnggunaan Teknologi
2.Umpan Balik

6.Evaluate and Revise
     Penilaian dan perbaikan adalah aspek yang sangat mendasar untuk mengembangkan kualitas pembelajaran. Penilaian dan perbaikan dapat berdasarkan tiga tahapan yaitu:
1)Penilaian Hasil Belajar Siswa,
- Penilaian Hasil Belajar Siswa yang Otentik,
- Penilaian Hasil Belajar Portofolio
- Penilaian Hasil Belajar yang Tradisional / Elektronik.
2)Menilai dan Memperbaiki Strategi, teknologi dan Media
3)Revisi Strategi, Teknologi, dan Media.

Sekian & Terimakasih  :)

No comments:

Post a Comment